Aicas Luncurkan Edge Device Portal untuk Manajemen IoT Efisien


Internet Of Things

Ilustrasi Internet of Things

Aicas, pemimpin dalam solusi embedded software, telah mengumumkan peluncuran Edge Device Portal (EDP) dan mengundang pelanggan untuk berpartisipasi dalam program percontohan eksklusif yang disebut “Jadilah Pelopor EDP.” Program ini memberikan akses awal kepada peserta untuk menggunakan EDP, sebuah solusi berbasis cloud yang bertujuan menyederhanakan manajemen aplikasi pada perangkat edge. Selain itu, peserta akan menikmati keuntungan seperti penggunaan dan dukungan produk gratis selama satu tahun.

Edge Device Portal (EDP) dirancang oleh aicas untuk mengatasi tantangan yang sering dihadapi bisnis dalam mengelola atau memanage berbagai perangkat edge. Memastikan bahwa perangkat dan sistem yang beragam tetap mutakhir di berbagai lokasi telah menjadi tugas yang sulit dan kompleks. Oleh karena itu EDP menawarkan cara yang lebih sederhana untuk melakukan pembaruan dan konfigurasi perangkat edge melalui satu portal terstandarisasi yang berbasis cloud. Hal ini memungkinkan pemantauan berkelanjutan dan memastikan pengoperasian perangkat yang optimal.

“Perangkat edge semakin bervariasi, dan perangkat lunak yang menjalankannya juga berkembang dengan cepat,” ungkap Johannes M. Biermann, Presiden dan COO aicas. “Mengelola aplikasi edge yang sangat banyak di berbagai sistem merupakan tantangan yang nyata. Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman dalam manajemen perangkat lunak edge dan 30 juta perangkat terhubung di lapangan, kami menghadirkan solusi yang memudahkan pengelolaan aplikasi perangkat 

Solusi berbasis cloud ini memberikan titik kontrol terpusat, akses terpadu, serta manajemen aman untuk perangkat edge dan perangkat lunak yang beroperasi di dalamnya. Salah satu fitur penting dari EDP adalah kemampuannya untuk melakukan pembaruan dan konfigurasi sistem secara fleksibel selama runtime, tanpa mengakibatkan waktu henti.

Dr. James J. Hunt, salah satu pendiri, CEO, dan CTO aicas, menjelaskan manfaat EDP lebih lanjut: “Menghubungkan sistem tertanam dengan layanan cloud meningkatkan kontrol, transparansi, dan fleksibilitas. Ini memungkinkan perusahaan untuk memperbarui perangkat lunak secara real-time, yang sangat penting untuk industri dengan proses bisnis yang kritis, seperti manufaktur, otomasi industri, atau manajemen lalu lintas secara langsung.”

Portal Perangkat Edge aicas sangat cocok untuk berbagai industri yang ingin meningkatkan manajemen aplikasi edge, terutama di lingkungan yang memerlukan pembaruan real time yang fleksibel. Beberapa contoh industri yang cocok menggunakan Edge Device Portal (EDP) :

  1. Otomatisasi Industri: Usaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang IoT dan sistem tertanam dapat mengoptimalkan proses otomatisasi, seperti robotika dan machine learning, dengan mengelola aplikasi secara real-time tanpa mengganggu operasi yang sedang berlangsung.
  2. Mobilitas Cerdas: EDP mendukung operasi real-time di sektor mobilitas, terutama terkait infrastruktur 5G dan operasi seluler. EDP memastikan manajemen aplikasi yang lancar di lingkungan yang sangat sensitif terhadap waktu, seperti kontrol lalu lintas.
  3. Industri Otomotif: EDP sangat bermanfaat untuk mengelola aplikasi di dalam kendaraan selama fase pengujian atau pada armada internal. Platform ini mendukung manajemen perangkat lunak yang efisien tanpa mengganggu operasi kendaraan.

EDP dirancang dengan fokus pada kesederhanaan dan efisiensi bagi tim teknis. Christian Schmidt, Software Engineer di aicas, menjelaskan, “Kami berusaha menciptakan alat yang mudah digunakan untuk mengkonfigurasi, menyebarkan, dan mengoperasikan perangkat lunak dalam satu portal pusat. Pengembang perangkat lunak dan teknisi QA dapat melakukan uji penyebaran dengan beberapa langkah, yang mengurangi pekerjaan manual dan meningkatkan kualitas perangkat lunak.”

Kemudahan penggunaan ini memungkinkan tim teknis untuk lebih fokus pada kualitas dan efisiensi, bukan pada logistik pembaruan perangkat lunak manual. Pembaruan modular selama runtime mencegah waktu henti sistem dan memungkinkan pengembangan sistem yang sangat dinamis dan fleksibel. Selain itu EDP juga telah disertifikasi oleh AWS untuk beroperasi pada layanan cloud AWS, menjamin keandalan dan skalabilitas yang solid. Platform EDP juga akan tersedia di AWS Marketplace.


Bagikan artikel ini

Video Terkait