Semtech Luncurkan Kit LoRaWAN, Solusi Hemat untuk UKM & IoT


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Semtech Corporation baru-baru ini mengumumkan ketersediaan desain referensi dan hub gateway kit evaluasi untuk LoRaWAN, yang ditujukan khusus untuk aplikasi jaringan skala kecil. Penerapan ini sangat relevan dan menyasar untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta aplikasi konsep rumah pintar, di mana solusi konektivitas yang efisien dan hemat biaya menjadi faktor yang sangat penting.

Laporan terbaru dari Omdia memprediksi bahwa teknologi LoRaWAN akan mengalami pertumbuhan tahunan yang signifikan, yaitu mencapai 30% selama periode 2023 hingga 2030. LoRaWAN merupakan teknologi yang relatif baru dan tempatnya yaitu di dalam berbagai aplikasi jarak jauh yang berdaya rendah. “Ini adalah teknologi yang relatif baru yang menemukan tempat khusus dalam aplikasi jarak jauh dan berdaya rendah seperti sistem irigasi dan sensor keamanan untuk perimeter properti. Sebagai protokol sub-GHz, protokol ini juga memiliki keunggulan dalam instalasi multi-unit. Protokol ini menembus kaca, baja, dan beton dengan mudah, sehingga memberikannya keunggulan yang signifikan,”  kata Edward Wilford, direktur penelitian senior di Omdia. 

Wilford menambahkan bahwa efektivitas biaya dari hub satu saluran yang diperkenalkan oleh Semtech sangat sesuai dengan kebutuhan aplikasi skala kecil. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi LoRaWAN dapat diimplementasikan secara lebih luas, memberikan solusi yang menarik bagi berbagai sektor industri yang membutuhkan konektivitas yang handal dan hemat biaya.

Olivier Beaujard, anggota dewan dan ketua urusan regulasi untuk LoRa Alliance, serta direktur senior ekosistem LoRa di Semtech, mengungkapkan bahwa LoRaWAN berfungsi sebagai katalisator transformatif untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. LoRaWAN sangat menguntungkan bagi aplikasi yang memerlukan konektivitas berdaya rendah dan jarak jauh, hal ini menjadikannya solusi yang relevan untuk kebutuhan saat ini. DItambah dengan dukungan dari ekosistem LoRaWAN yang terus berkembang, desain referensi hub gateway ini membuka peluang baru dan kasus penggunaan yang dapat memperluas implementasi LoRaWAN di pasar baru. 

Hub gateway kit LoRaWAN, yang dikenal dengan kode LRWHHUB1EVK1A, menyediakan solusi siap pakai untuk konektivitas jaringan LoRaWAN yang berbiaya rendah. Kit ini dirancang agar kompatibel dengan berbagai transceiver LoRa sub-GHz dari Semtech, serta dilengkapi dengan microcontroller unit (MCU) Espressif yang hemat biaya dan layar LCD untuk memudahkan pengoperasian pengguna. Beberapa IC LoRa yang kompatibel dengan kit ini mencakup SX1261, SX1262, LR1110, dan LR1121. Selain itu, kit evaluasi juga mencakup PCB dan antena yang diperlukan untuk pengoperasian yang optimal.

Di samping itu, Semtech juga akan memamerkan teknologi dan solusi LoRaWAN terbarunya di Konferensi Things 2024. Di stan #C01, para pengunjung dapat melihat langsung demonstrasi dari berbagai solusi IoT yang ditawarkan oleh Semtech. Konferensi ini juga akan menampilkan para pakar IoT dari Semtech yang terlibat dalam diskusi utama, panel, dan lokakarya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai teknologi dan inovasi terbaru di bidang Internet of Things (IoT), serta bagaimana LoRaWAN dapat diterapkan dalam berbagai skenario.

Dengan peluncuran desain referensi dan hub gateway kit evaluasi LoRaWAN ini, Semtech menunjukkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan teknologi IoT dan memperluas aplikasinya di pasar skala kecil. Dengan meningkatnya kebutuhan akan solusi yang efisien dan berkelanjutan, LoRaWAN diposisikan untuk menjadi salah satu teknologi kunci dalam mendukung berbagai inisiatif digital di masa depan, membuka jalan bagi inovasi dan pengembangan yang lebih luas.


Bagikan artikel ini

Video Terkait