Cloudera Tingkatkan Visibilitas Data di Cloud & On premises


Logo Cloudera

Logo Cloudera

Cloudera, sebuah perusahaan terkemuka dalam bidang manajemen data dan analitik, telah mengumumkan dua penawaran terbaru dari solusi Cloudera Observability Premium. Inovasi ini dirancang untuk memberikan kemampuan observability di semua platform Cloudera, baik yang berbasis cloud maupun on-premises. Pengumuman ini menandai langkah maju yang signifikan dalam mendukung perusahaan untuk mendapatkan visibilitas penuh terhadap sumber data dan alur proses pengolahan data mereka.

Dalam era digital yang semakin berkembang, kebutuhan akan visibilitas data yang lengkap menjadi semakin penting. Banyak perusahaan menghadapi tekanan besar untuk mengelola sumber daya data mereka dengan lebih baik dan memanfaatkan data di seluruh perusahaan secara efisien. Hal ini terutama didorong oleh meningkatnya permintaan untuk mendapatkan insight strategis dari teknologi seperti AI generatif serta adanya aturan privasi dan keamanan data yang semakin ketat.

Dipto Chakravarty, Chief Product Officer di Cloudera, menjelaskan, "Perusahaan saat ini menghadapi tekanan sangat besar untuk mengelola sumber daya data dengan lebih baik dan memanfaatkan data di seluruh perusahaan secara efisien."

Transformasi Digital di Indonesia

Di Indonesia, perusahaan-perusahaan berada di titik krusial dalam perjalanan transformasi digital mereka. Banyak perusahaan yang membutuhkan platform yang dapat menjamin visibilitas dan stabilitas workload serta tata kelola yang lengkap di seluruh platform Cloudera, baik di cloud maupun on-premises. Fajar Muharandy, Principal Solution Engineer di Cloudera, menyatakan, "Perusahaan-perusahaan di Indonesia sedang berada di titik krusial dalam perjalanan transformasi digital dan banyak yang membutuhkan platform yang menjamin visibilitas dan stabilitas workload serta tata kelola yang lengkap di seluruh platform Cloudera baik di cloud maupun on-premises."

Fitur-Fitur Utama Cloudera Observability Premium

Cloudera Observability Premium hadir dengan berbagai fitur unggulan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengelola data mereka. Beberapa fitur utama dari Cloudera Observability Premium mencakup:

  1. Pengawasan Real-Time: Memungkinkan pengawasan secara langsung terhadap klaster Data Hub, pekerjaan, dan query.
  2. Konversi Beban Kerja ke Biaya: Mengubah beban kerja menjadi biaya operasional yang terukur, membantu dalam tata kelola keuangan.
  3. Otomatisasi Proses: Menyederhanakan dan mengotomatisasi berbagai proses operasional.
  4. Observability Data: Memberikan visibilitas penuh terhadap data yang sedang diproses, termasuk analisis hot and cold table.

Dua Solusi Terbaru Cloudera Observability Premium

Cloudera menghadirkan dua solusi terbaru dalam rangkaian Cloudera Observability Premium:

  1. Cloudera Observability Premium On-Premises: Dirancang untuk pelanggan dengan jaringan yang sangat aman dan memungkinkan observability secara menyeluruh dalam platform Cloudera di data center mereka, termasuk pada lingkungan on-premise yang tidak terhubung ke internet (air-gapped).
  2. Cloudera Observability Premium for Public Cloud Data Hub: Memberikan semua kemampuan premium terbaru kepada pengguna public cloud, termasuk pengawasan secara real-time, konversi beban kerja ke biaya, otomatisasi proses, dan observability data.

Manfaat Implementasi Cloudera Observability

Implementasi kemampuan observasi tingkat lanjut sangat penting bagi perusahaan karena akan menghasilkan system insight secara real-time untuk pemecahan masalah secara proaktif dan meningkatkan keamanan. Hal ini, pada akhirnya, akan mengarah pada operasional yang lebih efisien dan pengurangan risiko. Sanjeev Mohan, seorang analis industri, berkomentar, "Menerapkan kemampuan observasi tingkat lanjut sangat penting bagi perusahaan karena akan menghasilkan system insight secara real time untuk pemecahan masalah secara proaktif dan meningkatkan keamanan, yang pada akhirnya akan mengarah pada operasional dan pengurangan risiko."

Cloudera Observability membantu perusahaan memaksimalkan efisiensi biaya, meningkatkan performa, dan menghasilkan berbagai insight yang cerdas. Dengan penambahan penawaran premium baru ini, Cloudera semakin memperdalam insight untuk perusahaan dan membangun komitmen mereka dalam membantu pelanggan mengambil alih kendali data, analitik, dan AI mereka. Dipto Chakravarty menambahkan, "Penambahan penawaran premium baru ini makin memperdalam insight untuk perusahaan dan membangun komitmen kami dalam membantu pelanggan mengambil alih kendali data, analitik dan AI mereka."

Dengan penawaran Observability yang semakin intuitif dan komprehensif, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat mengoptimalkan platform hybrid Cloudera secara lebih efisien untuk mencapai visibilitas data serta menghasilkan insight yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai berbagai target bisnis mereka. Fajar Muharandy menyimpulkan, "Dengan penawaran Observability yang semakin intuitif dan komprehensif, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat mengoptimalkan platform hybrid Cloudera secara lebih efisien untuk mencapai visibilitas data serta menghasilkan insight yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai berbagai target bisnis mereka."

Cloudera terus berinovasi dan berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dalam memanfaatkan potensi penuh dari data mereka melalui solusi observability yang canggih dan menyeluruh.


Bagikan artikel ini

Video Terkait