Ericsson Meluncurkan Solusi untuk IoT dan Kendaraan Pintar


Autonomous Vehicles

Autonomous Vehicles

Ericsson telah mengumumkan peluncuran dua router inovatif, yakni Ericsson Cradlepoint R980 dan S400. Kedua perangkat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan jaringan Wide Area Network (WAN) yang aman dan andal, seiring dengan berkembangnya penerapan teknologi canggih seperti Internet of Things (IoT) dan jaringan kendaraan. 

Router ini diciptakan sudah terintegrasi dengan platform NetCloud milik Ericsson, termasuk NetCloud SASE Secure Connect, yang mampu memberikan solusi penerapan jaringan, manajemen, dan keamanan berbasis zero-trust yang tangguh untuk titik akhir IoT dan kendaraan pintar dalam skala besar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola konektivitas yang aman, terukur, dan efisien, yang sangat penting untuk mendukung aplikasi canggih seperti AI, visi komputer, analisis data, dan aplikasi lainnya.

Router Cradlepoint R980 adalah router 5G tangguh yang dirancang untuk menghadirkan konektivitas berkinerja tinggi pada kendaraan, memungkinkan penerapan aplikasi canggih seperti pengenalan video berbasis Artificial Intelligence (AI) dan analisis data real time. Teknologi ini sangat penting bagi sektor keselamatan masyarakat dan kota pintar, di mana konektivitas yang handal dan gesit sangat diperlukan. R980 sangat cocok digunakan dalam kendaraan seperti mobil polisi, kapal patroli, dan bus sekolah, karena dapat memberikan konektivitas 5G yang aman dan persisten. Router ini juga sangat bergantung pada penerapan IoT yang memerlukan kinerja tinggi dan latensi rendah, terutama untuk aplikasi video dan kebutuhan misi kritis.

Selain itu, R980 dilengkapi dengan arsitektur 5G generasi ke-3 dan kompatibel dengan standar 3GPP Rilis 16, hal ini dipersiapkan untuk jaringan mandiri (SA) dan pemotongan jaringan, termasuk pemotongan jaringan untuk keselamatan publik dan jaringan IoT berlatensi rendah. Salah satu keunggulan utama dari R980 adalah adanya e-SIM tertanam, yang memungkinkan penyimpanan operator secara nirkabel (over-the-air). Hal ini meningkatkan keberlangsungan dan efisiensi operasional dalam penerapannya. Dengan berbagai inovasi ini, R980 menjadi solusi ideal bagi organisasi yang ingin memaksimalkan potensi teknologi 5G dalam pengelolaan armada kendaraan mereka.

Pankaj Malhotra, Kepala Lini Bisnis Jaringan Perusahaan dan Keamanan Siber, Ericsson, menyatakan bahwa “Seiring dengan terus berubahnya industri dan operasi harian, permintaan akan konektivitas yang aman dan tangguh di luar lingkungan kantor utama menjadi semakin penting. Dengan kemampuan R980 yang dipadukan dengan NetCloud Manager, kami telah mengintegrasikan keamanan, SD-WAN, dan visibilitas mendalam ke dalam sistem yang terpadu dan mudah dikelola. Pendekatan yang pertama di industri ini memberdayakan pelanggan kami untuk menyebarkan jaringan dengan lancar yang menyediakan keandalan dan keamanan jaringan perusahaan, sekaligus menyelaraskannya dengan inovasi dan sasaran bisnis mereka.”

Selain R980, Ericsson juga meluncurkan Cradlepoint S400, yang merupakan salah satu perangkat IoT zero-trust pertama di industri. Perangkat ini dirancang untuk memberikan konektivitas yang aman bagi berbagai aplikasi IoT, seperti papan tanda digital, kontrol bangunan, dan industri kecil. Dengan desain inovatif yang menawarkan opsi antarmuka yang dapat diperluas di lapangan seperti port Ethernet tambahan, port serial dan sakelar GPIO. 

S400 juga dilengkapi dengan NetCloud SASE Secure Connect, yang memungkinkan penyebaran jaringan zero-trust secara instan, sehingga memberikan keamanan yang mudah diterapkan pada skala besar, terutama untuk perangkat IoT dan jaringan kendaraan. Ini memastikan bahwa perangkat IoT kecil yang rentan tetap aman, meskipun tidak mendukung metode keamanan.

NetCloud dengan fitur Cellular Intelligence menawarkan solusi cerdas untuk mengoptimalkan kinerja jaringan seluler, terutama dalam penerapan IoT skala besar, seperti di kendaraan. Fitur-fitur canggih seperti Carrier Selection Intelligence secara otomatis memilih operator terbaik berdasarkan kinerja, sehingga memastikan koneksi yang stabil dan cepat. Selain itu, pemantauan kesehatan jaringan secara real-time memberikan wawasan mendalam tentang kondisi jaringan, memungkinkan identifikasi dan pemecahan masalah dengan cepat. 


Bagikan artikel ini

Video Terkait