Arduino Perkenalkan Plug and Make Kit untuk Proyek IoT


Internet of Things 5

Internet of Things

Arduino, sebagai pemimpin terkemuka dalam teknologi open-source, telah memperkenalkan Plug and Make Kit untuk membantu individu dari segala usia untuk memulai perjalanan mereka dalam bidang elektronik dengan cara yang menyenangkan dan mudah. Kit ini memungkinkan siapapun untuk menciptakan perangkat pintar dan terhubung sambil belajar tentang Internet of Things (IoT) secara langsung.

Sejak didirikan pada tahun 2005, Arduino telah membangun komunitas global yang mencakup lebih dari 33 juta pengguna, berkat berbagai produk seperti mikrokontroler Arduino UNO, Arduino Starter Kit, Arduino Cloud, perangkat lunak Arduino IDE, serta sejumlah alat pendidikan yang ditujukan untuk pelajar di semua tingkatan. Setiap penambahan dalam ekosistem ini dirancang untuk membantu orang-orang terhubung dengan minat mereka, berinovasi, dan berpartisipasi aktif dalam dunia teknologi.

Plug and Make Kit yang baru ini, dinilai lebih mampu meningkatkan kemampuan pengguna dan mengurangi hambatan. Kit ini memungkinkan pengguna untuk mengembangkan perangkat pintar yang fungsional hanya dalam satu sesi. Bahkan bagi pemula dan penemu muda, mereka dapat mulai merancang proyek baru dengan cepat dan mudah agar mampu merasakan kesenangan saat menciptakan sesuatu dengan tangan mereka sendiri sambil belajar.

“Plug and Make Kit adalah langkah baru Arduino menuju dunia IoT dan elektronik yang lebih mudah diakses, menyenangkan, dan menarik. Siapapun, tanpa memandang usia, latar belakang, atau minat, dapat merasakan kegembiraan teknologi pertama mereka,” ungkap Fabio Violante, CEO Arduino.

Pengalaman Plug and Make Kit ini dimulai dengan tujuh proyek menyenangkan dan bermanfaat yang memungkinkan siapa saja merakit komponen dengan cepat, tanpa perlu penyolderan atau menggunakan breadboard, serta dapat dikendalikan melalui dashboard Arduino Cloud yang intuitif, bahkan hanya dari smartphone.

Proyek-proyek tersebut meliputi:

  1. Laporan Cuaca : Dapat meramal cuaca dengan ramalan visual yang akan mengingatkan pengguna untuk membawa payung
  2. Hourglass : Tidak lagi membutuhkan eeg timer, Anda dapat memodifikasi jam digital Anda sendiri
  3. Eco Watch : Pastikan tanaman Anda tumbuh subur dengan menjaga suhu dan kelembapan yang ideal.
  4. Kontroler Permainan : Tingkatkan pengalaman bermain Anda dengan gamepad Human Interface Device (HID) buatan sendiri.
  5. Sonic Synth : Dekat dengan impian Anda sebagai bintang rock, DJ, atau teknisi suara
  6. Pemandangan cerdas : Hidupkan dan Matikan Lampu dari sofa Anda melalui smartphone.
  7. Lampu tanpa sentuhan : Kontrol lampu dengan gerakan sederhana.

Setelah peluncuran proyek utama, proyek tambahan akan tersedia secara berani untuk memberikan lebih banyak inspirasi kepada pengguna.

"Komponen dalam Plug and Make Kit menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk menciptakan aplikasi baru dan terintegrasi dengan cepat ke dalam ekosistem perangkat keras dan perangkat lunak Arduino yang lebih luas. Kami berharap komunitas Arduino yang besar akan segera mengembangkan dan membagikan banyak ide" tambah Fabio Violante, CEO dari Arduino.

Dengan menggabungkan perangkat keras yang memahami dan integrasi cloud yang mudah, Plug and Make Kit juga menawarkan:

  • Papan Induk Arduino UNO R4 WiFi : Papan favorit para pembuat ini menawarkan kombinasi kenyamanan bagi pengguna baru dan potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Papan ini menggunakan mikrokontroler Renesas RA4M1 Arm Cortex M4 dan perangkat konektivitas Espressif ESP32 S3.
  • Modul Sensor dan Aktuator : Terdapat berbagai modul seperti buzzer, IMU 6-axis, sensor suhu dan kelembaban, tombol, kenop, strip LED, serta sensor time of flight proximity. Total terdapat tujuh node untuk berbagai fungsi. Semuanya dapat dipasang dengan mudah untuk mengurangi risiko kesalahan. Beberapa Modulino juga dilengkapi mikrokontroler STM 32C0 yang berbasis arsitektur Arm Cortex M0.
  • Modulino Base : Rangka fisik baru yang dirancang untuk menjaga proyek tetap rapi dan teratur.
  • Sumber Daya Daring : Memudahkan integrasi dengan ekosistem Arduino melalui platform konten dalam berbagai bahasa, alat pemrograman yang gratis dan mudah untuk digunakan, aplikasi smartphone untuk memonitor dan mengontrol perangkat IoT, serta template Arduino Cloud yang siap pakai untuk memulai proyek baru dalam hitungan menit.

Bagikan artikel ini

Video Terkait